Friday 2 December 2016

Spesifikasi kamera Canon eos 700D

CANON EOS 700D

Sampai saat ini, masih banyak pengguna kamera digital yang membutuhkan performa maksimal berjenis DSLR dengan harga kamera yang lebih murah dibandingkan dengan kamera Mirrorless yang juga semakin banyak dipasaran. Saat ini kita akan membahas secara garis besar hal yang menarik serta kelemahan dari kamera DSLR Canon EOS 700D.





Kelebihan dan Kelemahan Canon EOS 700D

Kamera EOS 700D dikenal juga dengan nama lain EOS Rebel T5i atau EOS Kiss X7i adalah DSLR dengan resolusi maksimum 18 megapixel, memiliki sensor CMOS berukurang APS-C. Untuk kualitas gambar tidak perlu diragukan karena hasil foto dari kamera ini adalah indah dengan warna yang akurat. Salah satu hal yang penting dari kamera Canon EOS 700D adalah digunakannya image processor terbaru DIGIC 5 untuk menghasilkan kulitas gambar yang indah, serta kecepatan proses yang sangat baik. Ini adalah salah satu yang membedakan jika kamera Canon EOS 700D dibandingkan dengan Canon EOS 1200D.


Jika sebelumnya kita pernah menggunakan kamera Canon EOS 650D, sebenarnya tidak banyak upgrade yang terjadi pada Canon EOS 700D, namun peningkatan bisa dirasakan pada bagian noise reduction sampai dengan ISO 25.600, peningkatan pada kecepatan Auto Focus, dan beberapa hal penting lainnya.

Merekam video menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia digital photography saat ini, oleh karena itu kamera Canon EOS 700D juga memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi maksimum Full HD 1080p pada 30fps. Yang lebih hebatnya lagi, kamera ini dapat merekam suara video dalam format stereo serta terdapat juga filter untuk membantu memperjelas hasil rekaman suara pada video tersebut. Format codex yang digunakan adalah standard H.264 Motion JPEG yang mampu melakukan optimalisasi ukuran file size hasil rekaman tanpa mengorbankan hasil yang indah, semua akan tersimpan pada memory SD Card atau SDHC card atau SDXC card. Untuk hasil yang baik, disarankan menggunakan memory SD Card dengan kecepatan yang tinggi untuk menghindari terjadinya penundaan saat kamera Canon EOS 700D menuliskan hasil rekaman atau foto pada memeory tersebut.

Sama seperti DSLR lainnya, kamera Canon EOS 700D memiliki optical viewfinder yang memiliki ke-akuratan sampai dengan 95%, untuk mendapatkan akurasi sampai 100%, kita dapat menggunakan LCD dengan ukuran 3 inchi sebagai live-viewfinder. Kekurangan dari kamera DSLR biasanya adalah view finder yang belum support touch screen, namun Canon EOS 700D sudah menutupi kekurangan tersebut dengan memiliki kemampuan touch-screen pada capacitive LCD untuk menavigasi menu-menu didalamnya. LCD-nya juga bisa gerakan dan diputar untuk mempermudah kita preview object foto kita pada kondisi yang sulit. LCD Canon EOS 700D juga bisa diputar mengarah ke depan untuk berfoto selfie.

Salah satu kekurangan lain dari Canon EOS 700D adalah tidak tersedianya build-in GPS dan juga tidak tersedia Wifi untuk melakukan transfer hasil capture atau berkomunikasi dengan gadget lainnya. Tetapi masalah ini bukan menjadi unsur yang penting dalam dunia photography, karena hal tersebut hanya merupakan fasilitas tambahan saja, tidak mempengaruhi keindahan foto dan kecepatan akses.
 



Hal Penting tentang Cara Menggunakan / Cara Pakai Canon EOS 700D Pertama Kali

  1. Charge Battery Lithium Original sampai penuh pada charger yang tersedia

  2. Pastikan lensa sudah terpasang dengan baik (tidak longar)

  3. Geser tombol ke Posisi ON untuk memfoto

  4. Geser tombol ke Posisi gambar Video untuk merekam video

  5. Secara default, kamera akan shutdown otomatis jika tidak digunakan sampai periode waktu tertentu, tetapi tetap disarankan untuk mematikan secara manual dengan mengeser ke tombol OFF untuk mengehemat penggunaan baterai

  6. Gunakan LCD untuk mempermudah pengambilan foto pada object yang sulit

  7. Gunakan Optical Viewfinder untuk menghemat baterai

  8. Untuk Pemula, silahkan putar tombol dial ke arah A yang artinya Auto, kamera akan mencari settingan terbaik pada segala kondisi, gunakan arah lainnya jika kita sudah memahami fungsinya










Banyak pilihan yang berbagai macam jenis kamera digital dipasaran, dengan harga yang bervariasi dan tentunya feature yang berbeda juga. Beberapa user menanyakan apakah memilih Mirrorless atau DSLR Canon EOS 700D ? Jawabannya sangat tergantung dengan kebutuhan kita, untuk Mirrorless tentunya saat ini memiliki kemampuan yang semakin mendekati DSLR, namun kecepatan AF dan fungsi lainnya sampai saat ini masih sebagian besar lebih lengkap DSLR, mungkin hal ini bisa berubah sesuai dengan perkembangan teknologi, yang paling penting kita harus menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

 

No comments:

Post a Comment